Langsung ke konten utama

SELAYANG PANDANG PASBARA GANESHA



ORGANISASI PASBARA SMAN JATILAWANG
Pasbara SMAN Jatilawang merupakan organisasi kepaskibrakaan dibawah naungan OSIS seksi bidang pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara. Pasbara SMAN Jatilawang berdiri pada tanggal 13 maret 2013.
A. SEJARAH
Pada awalnya, sebelum didirikan PASBARA SMAN Jatilawang, sebenarnya sudah ada sejak sekolah berdiri, yaitu pada tahun 1984. Tetapi ini hanya sekedar program kerja osis dan kesiswaan untuk mengirimkan paskibra kecamatan ataupun paskibraka kabupaten. Selain pengiriman anggota paskibraka, sebelum pasbara terbentuk juga ada pelatihan dan pengiriman tim lomba baris berbaris dan tata upacara bendera ( PBB dan TUB ) di kabupaten Banyumas yang hampir tiap taun diadakan.
 Seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 2006-2012 pada saat upacara hari kemerdekaan RI, dibentuklah paskibra sekolah yang bertugas pada acara tersebut. Tetapi pembentukan paskibra sekolah ini hanya berlaku untuk itu saja, belum dibentuk kepengurusan yang tetap dan penjaringan minatnya pun hanya dipilih anak anak yang tinggi tinggi saja, tidak memandang dari segi PBB dan lain sebagainya. Tahun 2012, seiring dengan ide ide salah satu anggota paskibraka kabupaten, paskibra sekolah pun dibentuk kepengurusannya. Ini berawal dari ide salah satu anggota paskibraka kabupaten pada saat itu , karena disekolah lain juga sudah ada organisasi kepaskibrakaan pada saat itu juga ia berkeinginan di SMAN Jatilawang juga ingin ada. Seiring dengan berjalannya waktu, dicetuskanlah UKS (unit kegiatan Siswa) PASBARA, UKS PASBARA ini belum organisasi, karena hanya perkumpulan anak anak yang memiliki minat dan bakat di bidang baris berbaris. UKS ini memiliki tugas tugas seperti pengiriman paskibra kecamatan dan kabupaten, pelatihan upacara bendera, pembentukan tim inti lomba baris berbaris, dll. Karena dalam UKS ini tidak hanya pembina, maka UKS ini bersifat mandiri dan berdiri sendiri, tetapi tetap dalam tanggungjawab kesiswaan, karena termasuk dalam bawahan OSIS sekbid 3. UKS PASBARA ini juga belum ada kepengurusan yang tetap. 
Pada tahun 2012/2013 belum ada angkatan dalam pasbara, tetapi hanya perkumpulan anak yang mendirikan pasbara itu sendiri yang disebut perintis pasbara. Pada tahun 2013/2014, baru diadakan perekrutan anggota pasbara angkatan pertama. Sehingga pada bulan maret 2013, ditetapkan sebagai berdirinya PASBARA SMAN Jatilawang. Struktur kepengurusan pun sudah mulai terbentuk. Pada angkatan pertama, pasbara memiliki program kerja seperti tahun sebelumnya, tetapi pada angkatan pertama mengadakan forum paskibraka kabupaten. Kegiatan ini pertama kali diadakan oleh PASBARA SMAN jatilawang. Pada tahun 2014/2015, UKS PASBARA merekrut anggota baru yaitu angkatan 2. Pada masa angkatan 2, PASBARA tidak jauh berbeda dengan angkatan pertama. 
Pada tahun 2015/2016, istilah UKS PASBARA diganti dengan UKPD ( unit kegiatan peserta didik ) PASBARA SMAN Jatilawang. Pada tahun ini UKPD PASBARA sudah angkatan 3. Seiring dengan perkembangan pasbara, angkatan 3 berkeinginan bahwa pasbara menjadi organisasi. Angkatan 3 pun berkeinginan untuk memperbaiki kegiatan kegiatan pasbara agar lebih bagus dari angkatan sebelumnya. Keinginan ini pun terwujud. Pada awal tahun 2016/2017, pasbara angkatan 3 mengadakan seleksi capasbara yang dinamakan “ Lintas Juang Pasbara” kegiatan LJP ini berbeda jauh dengan seleksi capasbara angkatan sebelumnya. Kegiatan ini dikemas lebih menarik, tertata, adn tentunya lebih bagus. Seiring dengan perkembangan angkatan 3, angkatan 3 pun berusaha membentuk program kerja yang lebih banyak dari angkatan sebelumnya, dan berusaha menonjolkan UKPD pasbara agar menjadi organisasi seperti yang diinginkannya. Pada bulan oktober 2016, PASBARA pun resmi menjadi organisasi di SMAN Jatilawang yang ditandai dengan pelantikan dengan organisasi lainnya. Pada awal terbentuknya organisasi pasbara SMAN Jatilawang, namanya sedikit diubah menjadi “ PASBARA GANESHA” sampai sekarang. Pada awal terbentuknya organisasi itu pun tahun 2016, organisasi PASBARA melambung namanya dikabupaten Banyumas. Karena tahun 2016 Pasbara SMAN Jatilawang mendapatkan dua kejuaraan berturut turut dalam lomba baris berbaris. Tahun itu pun menjadi kebanggaan luar biasa untuk angkatan 3 , dan angkatan 4 yang saat itu baru menjadi siswa didik. Angkatan 3 telah berhasil menjadikan pasbara menjadi organisasi di sekolah.  Semoga ditahun berikutnya, diangkatan berikutnya, organisasi pasbara SMAN Jatilawang semakin berkembang. Dan semakin banyak prestasi yang diraih.
B. PROGRAM KERJA
Berikut ini adalah program kerja PASBARA angkatan 3, periode 2016/2017
1. LJP ( Lintas Juang Pasbara )
2. Pengiriman paskibra kecamatan
3. Pengiriman paskibraka kabupaten
4. Pengiriman paskibraka provinsi
5. Pelatihan upacara bendera
6. Pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin
7. Pelaksanaan upacara peringatan hari besar nasional
8. Pembentukan paskibra sekolah
9. Pembentukan tim inti lomba baris berbaris
10. LTP ( Lembah Tidar Pasbara )
11. Pengukuhan anggota pasbara/ serah terima jabatan
12. Pengiriman petugas upacara peringatan hari besar nasional di kecamatan
13. Forum paskibraka banyumas
14. Pasbara adventure camp
15. Pembuatan atribut pasbara
16. Bekerja sama dengan TNI AD
17. Bakti sosial
18. Senin rutin
19. Pertemuan anggota pasbara
20. Syarat kecakapan anggota pasbara
21. Pembuatan dan pengembangan blog

C. TUGAS SETIAP DEVISI
1. Ketua
- Memimpin jalannya kegiatan
- Memimpin jalannya briefing
- Bertanggungjawab atas segala sesuatu
- Mengkoordinir semua kegiatan pasbara
2. Wakil ketua
- Menggantikan ketua jika ketua berhalangan hadir
- Mengkoordinir rekan siswa didik
3. Paklur dan bulur
- Mengkoordinir komisi disiplin
- Membuat adat/ peraturan anggota pasbara
- Rehabilitasi permasalahan anggota
- Mengkoordinir tes kepribadian dan mental
- Membuat sangsi pada peraturan pasbara
4. Sekretaris
- Membuat administrasi pasbara
- Mebuat surat menyurat
- Membuat absen anggota pasbara
- Membuat proposal kegiatan
5. Bendahara
- Membuat administrasi keuangan
- Pengumpulan dana kas
- Pengumpulan iuran anggota
- Pengadaan tabungan anggota
6. Kepaskibrakaan
- Membuat materi yang akan diajarkan kepada siswa didik
- Mengkoordinir jalannya latihan rutin anggota pasbara
- Memposting materi kedalam blog pasbara
- Memberikan materi pada saat pertemuan anggota
- Membuat soal uji SKAP
7. Sarana dan prasarana
- Menyiapkan segala peralatan saat upacara bendera
- Menyiapkan segala perlengkapan saat kegiatan 
- Menyiapkan tempat latihan rutin
- Meyiapkan tempat rembug desa/ briefing mingguan
- Bertanggung jawab atas segala perlengkapan pasbara
8. Hubungan masyarakat
- Membuat jadwal latihan rutin anggota pasbara
- Membuat jadwal pelatihan upacara bendera
- Membuat jadwal petugas upacara bendera
- Memberikan dan menyebarkan info kepada seluruh anggota
- Membuat jadwal kegiatan pada saat acara pasbara
- Memberikan permainan/ nyanyian disela kegiatan
9. Penelitian dan pengembangan
- Mengevaluasi setiap kegiatan
- Membuat atribut pasbara seperti pin, TKU, papan nama, blezer, topi, badge, dll
- Mendesain blog pasbara
- Membuat pamflet kegiatan

D. BAHAN AJAR
Siswa didik pasbara dididik oleh senior pasbara yang meliputi :
1. Fisik
2. Mental
3. Pengetahuan :
A. Kepaskibrakaan
B. Pengetahuan umum
C. LLBBI
D. Budaya dan bahasa
4. PBB
5. TUB
6. Kepribadian
7. Keorganisasian
8. Yel-yel berjiwa militer

Mekanisme pendidikan di PASBARA SMAN Jatilawang
 struktur organisasi pasbara sman jatilawang
 PASBARA,SMANJA,GANESHA, FIGHT...!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perekrutan anggota baru PASBARA SMAN Jatilawang angkatan IV

Inilah wajah wajah baru Calon anggota PASBARA angkatan IV. Yang telah mengikuti kegiatan LJP (Lintas Juang Pasbara). kegiatan ini merupakan kegiatan untuk merekrut calon anggota pasbara yang meliputi beberapa tes. Antara lain : - fisik lari dan push up  - perfomance - pbb - interview - pengetahuan umum, banyumas, dan kepaskibrakaan. Yang selanjutnya dipilih sebanyak 44 anak untuk selanjutnya mengikuti seleksi tahap 2 . Seleksi tahap 2 dilakukan dengan tes PBB. Dan selanjutnya diambil sebanyak 30 siswa.

semboyan dan panca paskibra

SEMBOYAN PASKIBRA : SATOTEMA SA : Salam artinya mengucapkan salam apabila bertemu TO : Tolong artinya saling tolong menolong sesama capas atau kepada organisasi lain TE : Terima kasih artinya mengucapkan terima kasih apabila di beri sesuatu oleh senior baik hadiah maupun sangsi. MA : Maaf artinya mengucapkan maaf apabila melakukan kesalahan peraturan dan tata tertib yang ada pada Paskibra. PANCA PASKIBRA : 1.    Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.    Menanamkan disiplin pribadi yang tinggi 3.    Taat dan patuh terhadap peraturan dan tata tertib yang ada 4.    Hormat menghormati dan sopan santun terhadap sesam 5.    Cinta alam siap menjaga dan melestarikannya